Panitia Larang Jilbab, Tim Basket Putri Qatar Mundur dari Asian Games

Kontroversi mengenai penggunaan jilbab dalam Asian Games, membuat Qatar akhirnya pasrah mundur dari cabang bola basket putri. Hal ini terjadi lantaran panitia penyelenggara tidak mengizinkan tim basket putri Qatar memakai jilbab saat bertanding.
“Kami memutuskan untuk tidak lagi ambil bagian di cabang bola basket di Asian Games,” ungkap seorang pejabat Komite Olimpiade Qatar dalam wawancara dengan kantor berita Reuters, hari Kamis (25/9/2014).

Saat tim putri Qatar tiba di lapangan dengan mengenakan jilbab saat akan melawan tim Mongolia pada hari Rabu (24/9/2014), panitia tanpa diduga melarang mereka bermain.
Padahal Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) baru-baru ini telah mengizinkan pemain basket mengenakan jilbab. Sayangnya aturan ini tidak sesuai dengan kenyataan.
Tim Qatar menolak permintaan ini dan kemudian mereka dinyatakan kalah dari Mongolia.
Anehnya, beberapa pihak mengatakan penyelenggara pesta olahraga tidak konsisten soal jilbab ini.
Sebelumnya, 4 pedayung Iran yang berhasil merebut perunggu, semuanya mengenakan jilbab.
Juga atlet Kuwait dan Iran yang turun di triatlon dan bulutangkis juga dibolehkan memakai jilbab. Tapi kebijakan ini justru berbeda dengan yang dialami para atlet Qatar. (islampos/bbc/25/9/2014)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>