Didatangi Anggota DPD RI, KFC Bantah Wajibkan Karyawan Muslim Pakai Topi Santa

Beredar kabar karyawan Kentucy Fried Chicken (KFC) yang beragama Islam diwajibkan untuk memakai atribut Natal. Untuk memastikan hal itu, Fahira Idris, anggota DPD RI dari DKI Jakarta menyambangi kantor pusat KFC Indonesia di jalan Falatehan 1 Nomor 34-36, Jakarta Selatan, Senin (22/12/2014) sore.
Kedatangan Fahira disambut Marcella Dewi, Chief Marketing Officer KFC Indonesia. “Kami meminta kepada KFC agar tidak mewajibkan karyawan Muslim memakai topi santa dan atribut Natal lainnya,” kata Fahira kepada Marcella.

Menurut Fahira, Kalau hanya menghias ruangan restoran dengan atribut-atribut Natal itu tidak menjadi persoalan. “Saya rasa banyak cara agar restoran itu meriah saat momen Natal. Misalnya cukup dengan menghias ruangan restoran dengan atribut Natal. Itu sudah cukup. Jangan karyawan-karyawannya, terutama yang Muslim juga diwajibkan pakai atribut Natal. Ini namanya bukan toleransi,” kata Fahira.
Berdasarkan laporan dan aduan yang diperoleh Fahira, disebutkan bahwa karyawan Muslim di salah satu outlet KFC diwajibkan memakai topi santa dalam menyambut Natal.
Marcella membantah hal itu. “KFC, tidak ada kewajiban pakai atribut Natal (topi Santa). Tidak ada kewajiban. Tidak ada surat edaran. Juga tidak ada sanksi,” bantah Marcella.
Marcella mengatakan kemungkinan outlet KFC yang mewajibkan karyawan Muslim memakai atribut Natal dikarenakan ada kesalahpahaman. “Memang kita memberikan fasilitas topi santa kepada store (outlet). Kita sepenuhnya beri kebebasan karyawan mau pakai atau tidak. Dan ternyata ada kok yang tidak pakai,” jelas Marcella.
Marcella juga mempersilakan kepada siapa saja untuk mengecek outlet-outlet KFC di mana saja. “Silakan cek di lapangan. Di mana saja store KFC tidak ada kewajiban itu. Dan tidak ada sanksi,” tegas Marcella. (sumber: hidayatullah/23/12/2014)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>