Rasulullah Mendengar Suara Mayat Disiksa, Pelajaran Menuju Akhir Zaman

Allah SWT memberikan kemampuan kepada Rasul-Nya untuk mendengar orang-orang yang disiksa dalam kubur. Dalam hadis riwayat Muslim dikatakan bahwa Za’id bin Tsabit berkata:
Pada saat Nabi SAW berada di kebun Bani Najjar sambil naik keledai dan kami menyertainya, tiba-tiba keledai itu meyimpang dari jalanan, lari dan hampir saja menghempaskan beliau. Ternyata di situ terdapat kuburan enam, lima atau empat orang. Beliau SAW bertanya, “Siapa yang mengenal penghuni kuburan ini?”

Seorang laki-laki menjawab, “Saya.” Beliau bertanya lagi, “Kapan mereka meninggal?” Ia menjawab, “Ketika mereka syirik.” Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya umat ini diuji dalam kuburannya, dan kalau bukan karena kalian akan takut menguburkan, sungguh aku akan berdoa kepada Allah agar Ia memperdengarkan azab kubur yang kudengar kepada kalian.”
Dalam shahih al-Bukhari dan shahih Muslim dan Sunan an-Nasa’I, Abu Ayyub al-Anshari berkata bahwa Rasulullah SAW keluar pada malam hari setelah matahari terbenam. Tiba-tiba beliau mendengar suara dan bersabda, “Seorang Yahudi sedang disiksa dalam kuburnya.”
Dalil lain yang menunjukkan bahwa Rasulullah SAW mendengar suara orang yang diazab dalam kubur adalah hadis riwayat Bukhari Muslim dari Ibn Abbas. Disebutkan bahwa Rasulullah SAW melewati dua kuburan lalu beliau bersabda, “Keduanya sedang disiksa, tapi bukan karena dosa besar.”
Selain Rasulullah SAW yang Mendengar Suara Mayat yang Disiksa
Sebagian orang ada yang mengaku bahwa mereka dapat mendengar atau melihat orang-orang yang disiksa di dalam kubur. Di antara mereka adalah tokoh-tokoh terpercaya yang tak memiliki cacat dalam agama dan kejujuran mereka. Ibn Taimiyah berkata, “Terkadang hal itu tersingkap bagi orang-orang pada zaman ini, baik dalam keadaan jaga atau tidur. Mereka mengetahui dan memastikan kebenarannya. Kami dapat menyodorkan banyak hal mengenai hal itu.”
Dalam rangka membantah kalangan yang menolak adanya azab kubur, Ibn Taimiyah berkata:
Jika diketahui bahwa pada saat tidur, roh orang yang tidur duduk, berdiri, berjalan, pergi, berbicara dan melakukan banyak hal dengan batin bersama rohnya, dan badan serta rohnya memperoleh kenikmatan serta azab padahal jasadnya berbaring, matanya terpejam, mulutnya terkatup, anggota tubuhnya diam, dan terkadang ia bergerak dengan kekuatan gerakan dalam, terkadang juga berdiri, berjalan, berbicara dan berteriak karena kekuatan dalam batinnya. Maka, seperti inilah keadaan orang mati di dalam kubur.
Rohnya, duduk, meminta, merasa nikmat dan sengsara, dan berteriak, pada saat yang sama ia masih berhubungan dengan badannya yang terbaring di dalam kubur. Terkadang hal itu menguat sampai Nampak pada badannya. Terkadang ia terlihat keluar dari kubur sedangkan azab masih menimpa dirinya dan malaikat azab menyertainya. Badannya bergerak, berjalan dan keluar dari kubur. Lebih dari seorang telah mendengar suara orang-orang yang sedang diazab di dalam kubur. Juga telah disaksikan mayat-mayat yang keluar dari kubur dalam keadaan tersiksa, dan mayat-mayat yang duduk. Namun hal ini tak selalu dialami oleh setiap mayat. Sama halnya dengan duduknya orang tidur, tidak selalu terjadi, akan tergantung pada keadaannya.” (sumber: Ensiklopedia Kiamat/Karya: Dr. Umar Sulayman al-Asykar/Penerbit: Serambi/islampos)

Laporkan iklan?

islampos mobile :

Redaktur: Rika Rahmawati
Beberapa Masalah mengenai Penentuan Waktu Kiamat »
« Perbuatan Ini Sebabkan Pelakunya Masuk Neraka
Related Posts

Sifat Nikmat dan Azab Kubur di Akhir Zaman (2-Habis)
Selamat Datang, Zaman Mulkan Jabariyyan!
Apakah Ya’juj dan Ma’juj Telah Keluar? (1)
Al-Mahdi yang Dinantikan (1)
70 ribu Yahudi dari Isfahan (Iran)

TERBARU
POPULER

Irak Minta Australia Bantu dalam Pertempuran Melawan ISIS
1 min ago
Ini Indonesia, ‘Assalamualaikum’!
3 mins ago
Lebanon: 1.000 Pejuang ISIS Bersembunyi di Pegunungan Qalamun
6 mins ago
Nyeri Saat Berjima?
41 mins ago
Wanita, Perhatikan 12 Auratmu Ini
1 hour ago
Israel Klaim Tangkap 3 Warga Palestina Anggota ISIS
2 hours ago
Peringati 4 Tahun Revolusi, Oposisi Mesir Nyatakan Bersatu Kembali
2 hours ago
Musisi Jazz Israel Kecam Penolakan AS Terhadap Kenegaraan Palestina
2 hours ago
Al-Shabaab Klaim Bertanggung Jawab atas Serangan Bom di Mogadishu
2 hours ago

Peluang
Peluang Usaha Herbal

Bisnis herbal Laba 45% Legal Pom Lengkap Produk Komplit..www.tokoislam.info

Terapi Diet Menyehatkan

madu Diet Athoifah Diet Tanpa Menyiksa Untuk Tubuh Ideal Pria Dan Wanitawww.grosirmadudiet.com

8 JAM BISA MENERJEMAH AL-QURAN

Metode yg sistematis bisa dipelajari oleh siapapun dan bisa OTODIDAK. Cocok untuk Pemula/NOL BAHASA ARAB. Hp. 08161191279.www.PaketGranada.com

Tweets by @IslamPos


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>