Erdogan Kecam Penyetujuan RUU Status Muslim Austria

Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Sabtu (1/3/2015) mengecam keras tindakan Austria yang telah menyetujui RUU kontroversial yang merevisi status Muslim di negara Eropa. Ungkapan itu Erdogan nyatakan saat sebelum keberangkatannya ke Arab Saudi untuk kunjungan resmi. Erdogan berbicara di pusat kongres Halic di Istanbul.

Ia merujuk pada insiden Islamofobia baru-baru ini, yang bias terhadap umat Islam di Barat, terutama Eropa. “Insiden telah menimbulkan persepsi yang berbeda. Kita harus menghentikan bias tersebut,” demikian Erdogan.

“Kami ingin Turki baru, dengan konstitusi baru, dan sistem presidensial mampu membela hak-hak saudara-saudara kita, yang tinggal di negara-negara ini, lebih efektif.”

Islam telah menjadi agama resmi di Austria sejak 1912. Hukum Islam, yang dikenal sebagai “Islam Gesetz,” diperkenalkan oleh kaisar terakhir Austria, Franz Josef, setelah Kekaisaran Austro-Hungaria dianeksasi Bosnia-Herzegovina. Hukum baru Austria ini dinilai merugikan pihak Muslim. Demikian Worldbulletin. (smber: islampos)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>