MUI: Islam Justru Wajib Menjaga Kaum Minoritas

Komisi Pengkajian MUI, Fahmi Salim, MA mengritik buku Agama dan Politik di Indonesia karya Richard Daulay. yang menuding perda syariat sebagai ancaman bagi kebhinekaan.

“Bila ada kabupaten/kota menerapkan perda yang sesuai Islam, jangan dipahami sebagai Islamisasi,” jelas Fahmi kepada Islampos pada Rabu (6/5/2015).

Fahmi menilai, pancasila tidak melarang kemauan mayoritas masyarakat di suatu tempat untuk membentuk tatanan sosial yang lebih baik bagi mereka.

“Kelompok minoritas tidak perlu risau. Karena Islam mewajibkan umatnya melindungi kelompok minoritas yang terikat dalam kesepakatan,” tutur Fahmi.

Menurutnya, biarkan nilai yang hidup di masyarakat, termasuk nilai Islam, diserap menjadi bagian sistem legislasi nasional di bawah naungan Pancasila.

“Agama lain juga silakan berlomba menyumbang nilai terbaiknya bagi kehidupan bersama ini. Biarkan saling mengisi. Biarkan semua jadi bagian dari bhinneka tunggal ika,” pungkas Fahmi.

Seperti diketahui, Richard yang juga seorang pendeta, menulis dalam bukunya bahwa Undang-undang dan Perda bernuansa syariat berpotensi mendiskriminasi agama lain dan mengancam kebhinekaan. (sumber: Islampos)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>