Muslim Kashmir Protes Larangan Sembelih dan Konsumsi Sapi

Kaum Muslim di wilayah Kashmir, di bagian India, memprotes kebijakan pemerintah India yang melalui Mahkamah Agungnya yang telah membuat peraturan yang melarang penyembelihan dan mengonsumsi daging sapi. Terlebih di hari raya Idul Adha.

Larangan tersebut tak hanya berlaku di wilayah mayoritas kaum Hindu, tapi juga di kawasan Muslim. Karena itu, mereka akan menggelar aksi protes massal sebagai penolakan atas putusan Mahkamah Agung tersebut.

Dalam aksi yang digalang oleh Partai Demokrat Rakyat, sebuah partai berkuasa di wilayah Jammu dan Kashmir, meminta Mahkamah Agung India memberikan kebebasan bagi masyarakat Muslim yang tinggal di kawasan mayoritas Muslim untuk tidak melarang penyembelihan dan mengonsumsi daging sapi.

Larangan yang dikeluarkan oleh MA tersebut disandarkan pada hukum warisan kolonial Inggris di India yang melarang menyembelih dan mengomsumsi sapi karena dianggap sebagai binatang suci di India.

Vonis hukuman Mahkamah Agung sendiri memerintahkan polisi India untuk menindak tegas mereka yang ketahuan melanggar larangan penyembelihan sapi meskipun di wilayah Muslim Khasmir.

Sejak berkuasa pada tahun 2014 lalu, Partai Nasionalis Bharatiya Janata Party (BJP) yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi banyak mengambil keputusan yang menyudutkan umat Islam India, meskipun berada di daerah mayoritas Islam. (sumber: eramuslim/BBC)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>