Youtuber Belanda Buat Eksperimen Sosial “Al-Quran” Isi Bibel

Sebuah eksperimen sosial yang dilakukan dua pemuda asal Belanda mengungkap penilaian masyarakat terhadap Bibel setelah membacakan beberapa ayat dari kitab suci mereka (Bibel) dan mengatakan bahwa itu berasal dari al-Quran.

Dalam video yang diunggah channel “Dit is Normaal“, dua pemuda Youtuber tersebut, Sacha Harland dan Alexander Spoor melakukan eksperimen dengan mengganti sampul Bibel dengan sampul al-Quran, kemudian menandai beberapa ayat yang dinilai ekstrem dan membacakannya kepada orang-orang yang mereka temui di jalan.

Beberapa ayat (Bibel) tersebut seperti: “Jika dua orang laki-laki tidur bersama, maka keduanya harus dibunuh.” (Imamat 20:13).

Setelah dibacakan ayat ini ternyata memicu reaksi ngeri para partisipan seperti dikutip laman huffpost.com.

Selain itu dalam Timotius 2:12 disebutkan, “Aku tidak memperbolehkan wanita mengajar.” Juga isi Ulangan 25:12 yang menebutkan, “Kau harus memotong tangannya.”

Dan pada ayat lainnya disebutkan, “Jika kamu menolak perintah-Ku, dan membenci hukum-Ku, kamu akan makan daging anak-anak laki-laki dan perempuanmu.”

Dalam video itu, setelah dibacakan beberapa ayat di atas, para partisipan dimintai pendapat mengenai ayat-ayat tersebut.

Dan pada akhirnya, mereka kemudian diberitahu bahwa beberapa ayat tersebut justru berasal dari Bibel, dan itu sangat mengejutkan mereka.

“Ini semua hanya prasangka buta saja, aku selalu berusaha untuk tidak berburuk sangka terhadap diri sendiri namun ternyata aku melakukannya,” kata salah seorang partisipan.

Sedang wanita lainnya berkomentar, “Tentu aku sudah mendengar kisah-kisah Bibel semasa aku masih kecil, dan aku juga masuk ke sekolah Kristen, tapi aku tidak tahu bahwa (ayat-ayat) itu ada di sana (Bibel).”

Dua Youtuber membuat eksperimen tersebut setelah mencuatnya peristiwa pemboman di Paris di mana membuat kaum muslimin di bawah pengawasan ketat dan Islam dianggap sebagai agama yang tidak memiliki tempat dalam kebudayaan Barat.

Hal itulah yang membuat keduanya bertanya-tanya, bagaimana dengan Kristen sebagai sebuah agama yang mempengaruhi budaya Barat? Sementara itu, di dalam beberapa ayat Bibel yang ia sebutkan, ternyata juga dinilai mengajarkan ekstrimisme atau kekerasan.

Sejak video itu diunggah 4 hari yang lalu (04/12/2015) hingga berita ini diturunkan, telah mencapai 3.9 juta kali tayang dengan like sebanyak 44 ribu. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>