Banten Hibahkan Rp 30 Miliar untuk Sokong Pesantren

Pemerintah Provinsi Banten menganggarkan hibah sebesar Rp30 miliar Tahun 2016 untuk Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP). Gubernur Banten Rano Karno di Pandeglang, Sabtu (6/2), mengatakan dana itu akan digunakan untuk even olahraga dan kegiatan lain di pesantren.

Menurutnya, sebanyak Rp 20 miliar diperuntukkan bagi pendampingan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) 2016 yang akan dilaksanakan di Kota Serang Provinsi Banten.

“Selain untuk Pospenas sekitar Rp5 miliar untuk pemberdayaan ekonomi pondok pesantren dan Rp5 miliar lainnya untuk membiayai kegiatan dan operasional Forum Silaturahim Pondok Pesantren,” kata Rano Karno saat membuka rapat kerja (Raker) Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten tahun 2016 di Ponpes Modern Putri Al-Mizan di Pandeglang.

Ia berharap FSPP dapat memanfaatkan bantuan operasional tersebut dengan cermat dan tepat sasaran serta terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Banten, kementerian agama dan lembaga keagamaan lainnya.

Rano mengatakan, pondok pesantren diharapkan dapat terus menjaga eksistensinya dalam menghadapi berbagai perkembangan zaman. Pemerintah Provinsi Banten saat ini telah dan sedang berupaya secara optimal mendorong pengembangan pondok pesantren di Banten, baik melalui wadah FSPP maupun melalui berbagai kegiatan dan pemberian bantuan yang langsung diberikan kepada pondok pesantren.

“Meskipun belum sepenuhnya mampu menjangkau seluruh pondok pesantren yang ada di Banten, namun paling tidak hal tersebut merupakan wujud perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap peningkatan eksistensi dan peran pondok pesantren di Provinsi Banten,” katanya.(sumber: Antara)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>