Laporan: 3.500 Pengungsi Ditahan dalam Kondisi Buruk di Inggris

Sebuah laporan mengatakan bahwa lebih dari 3.500 pengungsi ditahan dalam kondisi buruk setelah memasuki Inggris lewat Selat Inggris pada puncak krisis musim panas lalu. Lansir Independent, Selasa (8/3/2016).

Seorang Inspektur Polisi mengkritik kondisi penampungan pengungsi sementara di Kent, yang digunakan untuk membatasi orang-orang yang mencoba untuk masuk ke Inggris tanpa terdeteksi.

Krisis pengungsi yang terjadi pada tahun lalu, telah menyebabkan peningkatan sebesar 126 persen terhadap jumlah tahanan di fasilitas tahan utama Inggris di Dover Seaport. Laporan yang dibuat oleh HM Inspektorat Penjara (HMIP), sebuah Inspektorat Penjara Independen, mengatakan bahwa dalam sembilan bulan pertama di tahun 2014 terdapat sejumlah 2.118 penahanan, sementara pada tahun 2015 angka tersebut meningkat menjadi 4.785 penahanan.

Menurut laporan itu, terhitung dalam periode tiga bulan hingga akhir September tahun lalu, telah dilakukan sejumlah 2.781 penahanan. Selain itu, 822 orang ditahan di fasilitas Folkestone atau dikenal dengan Rumah Frontier. Total gabungan penahanan itu, setara dengan 40 pengungsi yang dihentikan setiap harinya.

HMIP menggambarkan bahwa respon terhadap tingginya jumlah pendatang yang tiba melalui terowongan Channel sangat tidak memadai. “Kebutuhan dasar tahanan tidak terpenuhi dan kondisinya buruk. Fasilitas tahanan di Pelabuhan Dover sangat sesak, ventilasinya buruk dan berbau busuk,” kata HMIP.

“Tempat Itu tidak dirancang untuk menahan orang selama lebih dari beberapa jam, namun selama musim panas berlangsung, tahanan ditahan selama rata-rata 18 jam. Ruang tahanan memiliki buku-buku agama dan sajadah, tapi tidak ada kompas untuk menunjukkan arah Mekah,” ujar HMIP.

“Kondisi yang sama terjadi di rumah Frontier, di mana tidak ada tempat untuk beristirahat, tidak ada fasilitas kamar mandi dan tidak ada jendela. Bahkan telepon umumpun tidak berfungsi,” tambah HMIP.

Kepala Inspektur Peter Clarke, mengatakan tidak ada yang meragukan bahwa peningkatan pengungsi tidak sebanding dengan fasilitas yang ada, tanggap darurat terhadap hal sangat diperlukan.

Laporan HMIP mengatakan bahwa Dover Seaport dan Rumah Frontier, dalam pengawasannya dialihkan kepada perusahaan keamanan swasta Tascor. (sumber: Islampos)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>