Masjid Agung Amerika Diresmikan Presiden Turki

islamic-center-as

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meresmikan Masjid Agung Amerika dan Pusat Kebudayaan Islam dan Turki (Diyanet Center of America) di Lanham, Maryland, AS, Sabtu (2/4/2016).

Masjid Agung dan pusat kebudayaan Islam itu dibangun dengan biaya $110 juta (setara Rp 1,3 triliun) dirancang untuk mendukung dan menghormati kebudayaan Turki serta komunitas Muslim yang tinggal di AS.

Bangunan tersebut merupakan pusat kebudayaan Islam pertama di wilayah Maryland yang semua dananya ditanggung Pemerintah Turki. Di komplek ini terdapat banyak gedung dan ruang seperti ruang auditorium, sarana olahraga, penginapan, dan perumahan tradisional Turki.

Bangunan Masjid Agung sendiri berdiri di atas lahan seluas 1879 m2 yang dilengkapi dengan dua menara dan mampu menampung 3000 jamaah. Sementara di dalam komplek juga dibangun museum seni-seni Islam seluas 300 m2.

Masjid Agung bercirikan masjid dinasti Ottoman (Utsmani) pada abad ke-16, sedangkan bangunan lain terinspirasi dari arsitektur khas Seljuk. Pusat budaya terdiri dari pusat riset Islam untuk memfasilitasi para mahasiswa dalam menempuh studi mereka terkait dengan Islam. (w-Islam/foto: Dailysabah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>