CIA Secara ‘Keliru’ Hancurkan Laporan Penyiksaan Setebal 6.700 Halaman

Badan Intelijen Pusat AS (CIA) secara “keliru” menghapus salinan laporan ke Senat terkait teknik interogasi brutal badan tersebut, Press TV melaporkan.

Kantor Inspektur Jenderal (OIG) CIA, yang menjadi pengawas internal agen CIA, mengatakan kepada Kongres bahwa salinan elektronik laporan setebal 6.700 halaman Komite Intelijen Senat dan hard disk-nya hancur pada musim panas lalu.

Sebelumnya ringkasan laporan 500-halaman ini dirilis ke publik oleh Senat Intelijen Dianne Feinstein pada tahun 2014. Feinstein mengatakan dalam surat kepada CIA dan Departemen Kehakiman bahwa Inspektur Jenderal CIA telah salah tempat atau sengaja menghancurkan salinan laporan interogasi itu.

Agustus lalu, inspektur jenderal Christopher Sharpley mengunggah file ke sistem komputer rahasia internal kantor dan kemudian menghancurkan hard disk yang digambarkannya sebagai protokol standar. Sementara itu, orang lain di kantor menyalahkanartikan petunjuk Departemen Kehakiman untuk tidak membuka file dan harus dihapus dari server. Baik yang asli dan salinannya dihapus.

Di beberapa titik, penasihat umum CIA Caroline Krass mengatakan kepada pengawas bahwa Departemen Kehakiman ingin semua salinan laporan harus tetap dipertahankan. Pejabat pengawas kemudian melakukan penelitian untuk menemukan salinan, tetapi mereka tidak memiliki satupun salinan.

Cori Crider, seorang direktur kelompok hak asasi manusia internasional Reprieve, menggambarkan kehancuran laporan sebagai sesuatu yang “menakjubkan”, mengatakan tindakan itu adalah bagian dari upaya yang lebih besar untuk menghapus praktik kejia interogasi CIA dari sejarah.(sumber: Islampos)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>