Tangkal Radikalisasi, Uskup Ini Serukan Islam Diajarkan di Seluruh Sekolah Negeri

USKUP Heinrich Bedford Strohm, pemimpin Gereja Lutheran Evangelis menyerukan agar Islam diajarkan di semua sekolah negeri untuk menangkal radikalisasi, lansir Independent, Senin (30/5/2016).

Sejauh ini, tujuh dari 16 negara bagian Jerman sudah mengajarkan Islam dalam kurikulum pendidikan mereka. “Mengajarkan Islam dan kelas Islam secara luas di sekolah-sekolah Jerman, akan memberikan siswa Muslim kesempatan untuk mengadopsi pendekatan kritis terhadap agama mereka sendiri,” kata Strohm.

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Heilbronner Stimme, uskup mengatakan semua agama di Jerman harus kompatibel dengan konstitusi demokrasi negara itu. “Toleransi, kebebasan beragama dan kebebasan hati nurani harus berlaku untuk semua agama,” katanya.

Strohm mengusulkan bahwa asosiasi Islam di Jerman harus bertanggung jawab untuk menyelenggarakan kursus, dan berharap mereka akan mengorganisir diri menjadi mitra untuk negara Jerman.

Dari 16 negara bagian Jerman, tujuh sudah menawarkan beberapa bentuk kelas agama Islam di sekolah-sekolah mereka, mirip dengan ajaran agama Katolik dan Protestan yang lebih tradisional negara itu. Beberapa sekolah di Jerman telah menggelar kelas Yudaisme dan Islam, namun bukan merupakan kelas wajib.

Perwakilan Gereja Katolik mengatakan bahwa mereka setuju dengan usulan Bedford-Strohm, menambahkan bahwa sebelumnya telah menyerukan pengajaran Islam untuk diperkenalkan ke sekolah-sekolah.

Jerman memiliki komunitas Muslim terbesar kedua di Eropa Barat, dengan sekitar empat juta Muslim yang terdaftar, sekitar 5% dari penduduk negara itu. (sumber: Islampos)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>