Cechnya Selenggarakan Muktamar Ahlussunnah

Untuk pertama kalinya Grand Syeikh Al-Azhar Prof. Dr. Ahmad Thayib Kamis, (25/08/2016) mengunjungi Republik Chechnya. Kehadiran Syaikh Al Azhar dalam rangka Muktamar “Ahlussunnah Wal Jamaah” mendapatkan sambutan meriah, dari pemerintah dan rakyat Chechnya saat turun di Bandara Grozny.

Dalam acara bertema, “Siapakah Ahlussunnah Wal Jamaah? Penjelasan Manhaj Ahlussunnah Wal Jamaah; Akidah, Fikih dan Akhlak serta Dampak Penyimpangan darinya di Tataran Realitas” ini dihadiri oleh Grand Syeikkh Al-Azhar, para mufti dan lebih dari dua ratus ulama dari seluruh dunia.

“Ahlussunnah Wal Jamaah adalah Asyairah dan Maturidiyah dalam akidah, empat mazhab Hanafi, Maliki, Syafii dan Hambali dalam fikih, serta ahli tasawuf yang murni –ilmu dan akhlak—sesuai manhaj Imam Junaeid dan para ulama yang meniti jalannya. Itu adalah manhaj yang menghargai seluruh ilmu yang berkhidmah kepada wahyu (Al-Quran dan Sunnah), dan telah benar-benar menyingkap tentang ajaran-ajaran agama ini dan tujuan-tujuannya dalam menjaga jiwa dan akal, menjaga agama dari distorsi dan permainan tangan-tangan jahil, menjaga harta dan kehormatan manusia, serta menjaga akhlak yang mulia,” demikian dalah satu pernyataan acara ini dikuti ruwaqazhar.com, Ahad (28/08/2016)

Selain itu, muktamar juga menghasilkan poin, bahwa Al-Quran Al-Karim adalah bangunan yang dikelilingi oleh berbagai ilmu yang membantu untuk menggali makna-maknanya dan mengetahui tujuan-tujuannya yang mengantarkan manusia kepada ma’rifat kepada Allah Subhanahu Wata’ala ilmu-ilmu yang terkandung di dalamnya.

Kedatangan Syeikh Ahmad Al-Thayyib pada Rabu (24/8) disambut secara resmi oleh Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov, para pejabat negara dan pemuka agama di Bandara Grozny. Sambutan ini dimeriahkan oleh ratusan rakyat Chechnya yang berbaris rapi seraya mengibarkan bendera Chechnya dengan menyanyikan lagu kebangsaan di sepanjang jalan menuju istana kepresidenan.

Dalam kunjungan ini dibahas tentang beberapa agenda penting terkait kerjasama antara Al-Azhar dengan Republik Chechnya. Diantaranya terkait beasiswa para pelajar Chechnya di Al-Azhar, kegiatan para dai utusan Al-Azhar di Chechnya, serta pelatihan dan penyeleksian para imam, dai dan khatib yang akan diselenggarakan di bawah pengawasan Al-Azhar.

Diantara delegasi Al-Azhar yang ikut dalam kunjungan ini adalah Dr. Shauqi Allam Mufti Agung Republik Arab Mesir, Dr. Ibrahim Hudhud Rektor Universitas Al-Azhar, Muhammad Abdus Salam Penasihat Grand Syeikkh, Dr. Abdul Fattah Al-Awari Dekan Fakultas Ushuluddin, Dr. Muhammad Hussein Mahrasawa Dekan Fakultas Bahasa Arab Universitas Al-Azhar, Abdul Rahman Musa Penasihat Grand Syeikkh untuk urusan mahasiswa asing, Tariq Anwar serta sekretaris pribadi Grand Syeikkh Al-Azhar. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>