Kemenag Hibahkan Rp 1,2 M Tingkatkan Mutu Madrasah

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama menghibahkan anggaran sebesar Rp1,2 miliar untuk meningkatkan mutu madrasah di Sumatera Utara. Kasubid Kelembagaan Direktorat Madrasah Kemenag Dr Syafiuddin di Medan, mengatakan, pihaknya menggandeng USAID Prioritas dalam meningkatkan kapasitas ratusan madrasah melalui Kelompok Kerja Madrasah (KKM).

“Setiap KKM mendapat dana hibah sebesar Rp50 juta. Sumatera Utara mendapat 24 KKM,” katanya dalam acara Workshop Perencanaan Diseminasi Praktik Baik Madrasah, Kamis (13/10).

Pihaknya menilai, program USAID prioritas berhasil meningkatan mutu madrasah yang membawa dampak positif dalam pembelajaran dan pengelolaan madrasah. Guru-guru madrasah telah mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran terbaik, namun jumlah madrasah yang bisa dijangkau USAID Prioritas masih terbatas.

“Kami ingin lebih banyak madrasah yang bisa mengimplementasikan praktik baik. Karena itu kami bekerja sama dengan USAID Prioritas
untuk memperluas jangkauan,” katanya.

Koordinator USAID Prioritas Sumatera Utara Agus Marwan mengatakan, Sumatera Utara memiliki guru sebanyak 169 ribu orang, baik di sekolah negeri dan madrasah, namun pihaknya baru mampu menjangkau empat persen dari jumlah tersebut. “Sampai saat ini kami baru bisa melatih 15.901 orang pendidik di 1.995 sekolah. Dari sekolah yang kami jangkau ini, ada 88 Madrasah Ibtidaiyah dan 74 Madrasah Tsanawiyah,” katanya (sumber: Hidayaatul)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>