Bumi Berguncang dari Bawah, Pernyataan Al-Quran Terbukti Benar

Tentu kita sudah mengetahui bahwasanya bumi ini sedang berguncang. Ya, mungkin bagi kebanyakan orang guncangan tersebut tidak terasa. Tetapi, bagi sebagian orang di belahan bumi lainnya, guncangan tersebut tengah dirasakan oleh saudara kita. Salah satunya di Pidie Jaya Aceh.

Guncangan yang terjadi itu, kita kenal sebagai gempa bumi. Dimana, getaran yang begitu dahsyat mampu meruntuhkan bangunan yang berdiri kokoh. Bahkan, bisa menyebabkan banyak orang yang kehilangan nyawanya. Sebab, di antara saudara kita, ada yang tak sempat menyelamatkan diri ketika terjadi bencana.

Mungkin, di antara kita, banyak yang bertanya-tanya, mengapa bumi ini bisa terjadi gempa? Bagaimana bisa bumi berguncang?

Dilansir dalam beritaunik.net bahwa gempa bumi merupakan getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut.

Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.

Apa yang diungkapkan tersebut memberikan bukti kebenaran Al-Quran. Ya, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat),” (QS. Al-Zalzalah: 1).

Ibnu ‘Abbas berkata mengenai ayat tersebut, “Maksudnya adalah bumi bergoncang dari bawahnya,” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 7: 627).

Dalam tafsir ayat tersebut dijelaskan bahwa bumi berguncang dari bawah. Hal ini membenarkan suatu penelitian yang mengatakan bahwa terjadinya gempa akibat guncangan di permukaan bumi.

Selain itu, Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman di dalam Al-Quran surah An-Naml ayat 88, “Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Allah mengatakan bahwa ternyata bumi ini selalu bergerak. Hal inilah yang baru diketahui oleh para ilmuwan saat ini. Dimana, telah dikatakan sebelumnya, bumi yang terlihat diam ini ternyata bergerak. Dan pergerakan itu akan menimbulkan tekanan. Sehingga, apabila tekanan itu sudah tidak bisa ditahan, akan menimbulkan gempa. (sumber: islampos/beritaunik)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>