PBB: 65.000 Etnis Rohingya Lari ke Bangladesh

Sedikitnya 65.000 umat Islam Rohingya melarikan diri ke Bangladesh minggu lalu, setelah tidak lagi berdaya dengan tindakan keras militer Myanmar di utara Rakhine.

Angka itu diungkapkan perwakilan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk Myanmar, Yanghee Lee, saat memulai tur 12 hari untuk menyelidiki kekerasan terhadap etnis Muslim di daerah perbatasan negara bersangkutan.

Dia mengatakan, jumlah pengungsi meningkat tajam dari sebelumnya susulan kekejaman yang dilakukan tentara tanpa belas kasihan.

22.000 pendatang baru dilaporkan telah melintasi perbatasan dari Rakhine minggu lalu, ujar PBB.

“Sampai 5 Januari pula, diperkirakan 65.000 orang tinggal di kamp terdaftar, penempatan sementara dan masyarakat lokal di Cox s Bazaar di selatan Bangladesh,” kata laporan itu dikutip Reuters.

Sebagaimana diketahui, perpindahan besar-besaran etnis Muslim Rohingya dari utara Rakhine ini dimulai setelah tentara Myanmar melancarkan operasi pembersihan dengan alasan berburu penyerang dalam serbuan ke atas pos polisi perbatasan tiga bulan lalu. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>