Festival Budaya Antarbangsa di Kota Nabi, Stand Indonesia Kebanjiran Pengunjung

Hari Sabtu, 29 April 2017 merupakan hari pertama pembukaan Festival Budaya Antarbangsa Mahrojan ke-6. Acara yang dimulai pukul 09.00 Waktu Saudi rupanya sudah ramai dihadiri pengunjung sejak pagi, baik dari kalangan mahasiswa ataupun masyarakat lokal.

Festival kali ini dimeriahkan oleh 70 negara peserta dari berbagai benua. Indonesia salah satunya. Semenjak pertama kali diadakan festival ini, Indonesia memang selalu menghiasi salah satu standnya.

Mengangkat tema adat Minangkabau, panitia berusaha menampilkan ciri khas Minang diantaranya; miniatur jam gadang, stand dibuat sedemikian rupa sehingga mirip dengan rumah gadang, dan para penjaga stand pun mengenakan pakaian adat Minangkabau.

Makanan-makanan khas Indonesia turut menghiasi acara. Juga ditampilkan foto-foto alumni UIM yang menonjol, dan destinasi wisata di Indonesia.

Hari pertama, stand Indonesia kedatangan tamu istimewa, Syeikh Prof. Dr. Ibrahim bin ‘Ali Al-‘Ubaid, merupakan Wakil Rektor Universitas Islam Madinah dan Syeikh Prof. Dr. Mahmud Qodah Eakil Rektor Universitas Islam Madinah bidang Kerjasama Internasional.

Dari berbagai hal yang ditampilkan, yang menarik perhatian keduanya adalah gambar yang menampilkan alumni-alumni Universitas Islam Madinah asal Indonesia yang paling menonjol.

“Syeikh Mahmud sangat tertarik ketika dijelaskan tentang peran-peran pada mutakharrijin (alumni), bahkan beliau minta foto-foto mutakhrijin yang memiliki peran,” ungkap Abdullah Roy, petugas penjaga stand Indonesia.

Senada dengan Roy, Hudzaifah Maricar yang saat itu turut menjaga stand mengungkapkan, meski sudah beberapa kali ke Indonesia, pejabat Universitas Islam Madinah ini tetap tertarik Indonesia.

“Beliau senang, karena beliau sudah berkali-kali ke Indonesia. Dan Syeikh Ubaid sangat tertarik ketika dijelaskan alumni Jami’ah yang saat ini sudah menjadi tokoh,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, mahrojan ini dibuka dua sesi, seksi pagi yang berlangsung dari jam 09.00 sampai jam 12.00.

Pada sesi ini dibuka untuk umum baik mahasiswa ataupun masyarakat lokal. Sedangkan seksi sore dimulai jam 16.00 hingga 23.00. Sesi ini dikhususkan bagi yang sudah berkeluarga.

Hari ini juga diadakan seleksi kesenian yang akan ditampilkan di puncak acara Selasa nanti. Indonesia sendiri menampilkan dua kesenian yaitu Tari Saman dan Pencak Silat.

Abdullah Roy yang juga kandidat doktor bidang aqidah yang juga merupakan pengisi kajian di Masjid Nabawi mengapresiasi usaha panitia dalam menyiapkan acara ini, dan ia juga berterimakasih atas kerja kerasnya panitia.

“Ikhwah panitia sudah berusaha maksimal di sela-sela ikhtibar. Jazaahumullahu Khairan,” ungkap Roy. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>