OKI Perkuat Kerjasama, Selamatkan Warisan Islam

Organisasi Kerjasama Islam (OKI) memperkuat kerjasama dengan lembaga dan negara anggota serta mitra internasional seperti Prancis dan Organisasi Pendidikan , Sains dan Kebudayaan PBB (UNESCO) untuk mengembangkan perencanaan praktis memelihara berbagai bentuk Warisan Budaya Islam.

Sekjen OKI Dr Yousef Al-Othaimeen mengatakan, upaya melestarikan, melindungi dan memperkaya warisan budaya Islam berupaya berkontribusi menangani fenomena mendistorsi citra Islam dan memblokir serangan terorisme dilakukan akibat kebencian terhadap Islam.

Ada juga kebutuhan mengeksploitasi pelestarian warisan budaya untuk menyebarkan nilai dan toleransi dalam agama sebagaimana terdapat dalam sejarah melalui budaya dan bukti ilmiah yang terus subur di dunia Islam, katanya melalui pernyataan yang terdapat dalam situs OKI belum lama ini.

Sekjen OKI juga mengatakan demikian pada sesi pembukaan simposium “Memelihara dan Melindungi Warisan Budaya Di Negara Anggota OKI” yang berlangsung dua hari di Jeddah hari Ahad kemarin.

Pertemuan ini dihadiri ahli-ahli dari OKI, institusi budaya Saudi dan PBB serta perwakilan negara-negara OKI. Pertemuan dibuka Asisten Sekjen OKI, Hesham Youssef.

Latar belakang simposium ini mengingat dunia Islam sedang menghadapi konflik dan peperangan yang dapat mempengaruhi warisan budaya dan harta karun Islam yang dikhawatirkan membawa kehancuran arkeologi dan sejarah.

OKI juga berencana menyelenggarakan konferensi internasional pada November 2017 dengan kerjasama Organisasi Pendidikan Sains dan Kebudayaan Islam (ISESCO) dan Pusat Penelitian Sejarah, Seni dan Budaya Islam (IRCICA) mengundang berbagai pakar yang berpengalaman terkait perlindungan warisan budaya di dunia Islam. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>