Maksimalkan Ramadhan, Penasihat Kedubes Saudi: Balik ke Qur’an, Tinggalkan HP

Penasihat Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Syeikh Shalih bin Sulaiman al-Rajhi, mengingatkan umat Islam agar memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi.

Terutama, pesan Syeikh Shalih, yaitu dengan memperbanyak berdekat-dekat dengan kitab suci al-Qur’an. Ia pun mengingatkan umat Islam agar tidak tersita waktunya dengan gawai seperti telepon seluler (ponsel/handphone/HP).

Pesan Syeikh Shalih, utamakan al-Qur’an daripada ponsel. Bahkan katanya, tinggalkan dulu ponsel selama Ramadhan. “Tinggalkan HP, balik ke al-Qur’an,” serunya saat mengisi acara Tarhib Ramadhan 1438 H gelaran DPW Hidayatullah Jabodebek di kompleks perkantoran DPP ormas itu, Jl Cipinang Cempedak 1, Polonia, Jakarta Timur, Ahad (21/05/2017).

Saat menyampaikan nasihat itu, pantauan hidayatullah.com, Syeikh Shalih tampak mengangkat sebuah mushaf al-Qur’an dengan tangan kanannya dan sebuah ponsel di tangan kirinya.

Ia memperlihatkan keduanya kepada ratusan jamaah yang memenuhi ruang shalat utama dan halaman Masjid Baitul Karim. “Ramadhan itu bulan al-Qur’an atau bulan ponsel?” tanyanya dalam bahasa Arab, lantas disambut jawaban “syahrul Qur’an” oleh para jamaah yang menegaskan bahwa Ramadhan adalah bulan al-Qur’an.

“Ramadhan bulan al-Qur’an, bukan bulan ponsel,” tegas Syeikh Shalih, lantas menurunkan ponselnya dan tetap mengangkat al-Qur’an di tangan kanannya sembari membukanya.

Syeikh Shalih mengingatkan pula bahwa sudah cukup umat Islam berdekat-dekat dengan ponsel selama 11 bulan sebelumnya. “11 bulan cukup,” ujarnya. Giliran Ramadhan, waktunya untuk meninggalkan ponsel dan fokus pada al-Qur’an.

Seusai shalat zuhur di Masjid Baitul Karim, syeikh yang didatangkan atas kerja sama Syabab Hidayatullah ini pun menyampaikan tausiyah singkat. Ia mengingatkan umat Islam untuk khusyuk dalam menjalankan shalat. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>