Senin Menlu akan Temui Petinggi Myanmar, MUI Minta Pemerintah Serius

Senin (04/09/2017) besok, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi diagendakan bertemu dengan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dan petinggi-petingi militer di Rangon, Myanmar.

Menurut Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas, lembaga ulama ini sangat mendukung kunjungan tersebut.Lebih jauh, lanjutnya, MUI meminta Menlu Retno dan pemerintah Indonesia untuk secara serius mendesak pemerintah Myanmar mengambil sikap dalam penyelesaian tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya.

MUI, kata Anwar, meminta pemerintah serius mendesak Myanmar untuk, pertama, mengembalikan keamanan di daerah Rakhine dan menghormati hak-hak masyarakat terutama penduduk yang beragama Islam.

“Kedua, menghentikan segala bentuk tindak kekerasan yang dilakukan oleh pemerintah dan militer Myanmar terhadap penduduk dan umat Islam di Rakhine dan di daerah lainnya di Myanmar,” ujar Anwar kepada hidayatullah.com melalui pesan tertulis, kemarin.

Kemudian, MUI meminta pemerintah Indonesia serius mendesak Myanmar agar melindungi seluruh penduduk yang ada di Myanmar dan hak-haknya. “Tidak hanya bagi mereka yang beragama Islam tapi juga yang lainnya,” imbuhnya.

MUI juga mendesak agar pemerintah serius mendesak Myanmar untuk memberi akses kepada lembaga kemanusiaan internasional dan dari indonesia untuk masuk ke Rakhine, dalam upaya memberikan bantuan dan pertolongan kepada masyarakat yang telah menjadi korban kekerasan.

“Dan yang hidup dan kehidupan mereka merasa terancam,” imbuhnya memungkas. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>