Acara TV Aman untuk Anak Diharapkan Diperbanyak

Yayasan Pengembangan Media Anak (YPMA) menggelar diskusi publik bertajuk “Mencari Acara Televisi Berkualitas untuk Anak” di Hotel IBIS, Menteng, Jakarta, Kamis (09/11/2017).

Diskusi publik ini menghadirkan Dr Nina Mutmainnah Armando (peneliti YPMA), Fernandez Hutagalung (Staf Khusus Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), dan Dewi Setyarini (Komisi Penyiaran Indonesia Pusat/KPI).

“Diskusi ini, YPMA menampilkan hasil analisis kualitatif terhadap 15 program anak yang masuk kategori aman, 6 program anak kategori hati-hati, dan 5 program anak kategori bahaya,” ungkap Nina saat sesi diskusi publik.

Nina menambahkan, dalam program yang masuk kategori aman, ditampilkan muatan nilai-nilai yang positif, menggambarkan keindahan alam Indonesia serta budayanya yang sarat nilai moral positif. Tayangan ini tidak hanya menghibur tapi mudah dipahami dan ditiru oleh anak-anak.

Ia pun berharap, acara TV yang aman untuk anak seharusnya diperbanyak. Yakni tayangan yang bukan hanya menghibur anak, namun juga memberikan manfaat lebih. Seperti dalam hal pendidikan, motivasi, sikap percaya diri anak, dan penanaman nilai-nilai positif dalam kehidupan.

Menyambung itu, Fernandez menuturkan, acara-acara yang di televisi dengan kandungan nilai-nilai positif seperti itu diharapkan dapat diperbanyak dalam siaran TV di Indonesia. Sehingga anak harus dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya.

“Dan yang terpenting garda terdepan dalam mendapatkan hiburan adalah peran orangtua,” imbuhnya.

YPMA adalah lembaga non-profit yang fokus kegiatannya pada kajian masalah anak dan media, literasi media, advokasi kebijakan media, yang memperhatikan aspek perlindungan anak dan kepentingan terbaik untuk anak. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>