Jaga Warisan dan Peradaban, Universitas Islam Madinah Bangun Museum Sejarah

Guna merawat warisan dan peradaban Arab Saudi secara umum, khususnya Kota Suci Madinah dan Universitas Islam Madinah, serta sejalan dengan Visi Saudi 2030 Rektor Universitas Islam Madinah Dr. Hatim bin Hamzah al-Marzuqi memberikan arahan untuk membangun Museum Sejarah serta menunjuk Komite Pembangunan Museum.

“Pembangunan museum ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam menguatkan identitas budaya, meningkatkan kesadaran atas nilai budaya, mengembangkan budaya museum, dimana museum merupakan salah satu penanda yang mencatat peradaban di negeri yang berkah ini, juga mencatat sejarah Universitas Islam Madinah yang berusia lebih dari setengah abad, serta mencatat prestasi besar yang telah ditorehkan oleh civitas akademika yang menjadi ulama dan tokoh dunia baik di bidang pendidikan maupun di bidang birokrasi” ujar al-Marzuqi yang dikutip dari media Sabq, belum lama ini.

Dr. Hatim membentuk Komite Museum Sejarah yang diketuai oleh Dr. Abdullah bin Muhammad al-‘Utaibi, dengan anggota Dr. Umar bin Abdul Aziz as-Salumi, Dr. Sulaiman bin Muhammad al-‘Athani, Dr. Saud bin Abdul Aziz as-Salumi dan Dr. Raja’ bin ‘Atiq al-Mu’aili.

Komite ini ditugaskan untuk memberikan pandangan mengenai bentuk, tema, konten, penggunaan teknologi tinggi untuk Museum Sejarah ini, serta klasifikasi dan pengindeksan, serta pemilihan lokasi yang sesuai bagi Museum ini. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>