Cegah HIV/AIDS, 100.000 Pria Mozambique akan Disunat

Dalam upaya mencegah penyebaran penyakit kelamin dan HIV/AIDS sebanyak lebih dari 100.000 pria di negara Mozambique akan disunat.Otoritas kesehatan di Provinsi Zambezia mengatakan kampanye mereka itu akan dipusatkan di distrik Ato-Molocue, Ile dan Gurue, di mana praktek khitan jarang dilakukan.

Ini merupakan tahap kedua dari proyek yang dimulai tahun lalu, yang mana 84.000 laki-laki di provinsi itu disunat. Khitan banyak dilakukan di bagian lain wilayah Mozambique, seperti Cabo, Delgado, Niassa, Tete dan Inhambane.

Abdul Razak, gubernur Zambezia yang berprofesi sebagai dokter, mendukung kampanye itu. “Hal yang perlu saya tekankan adalah khitan laki-laki dan cara lainnya biasa dilakukan untuk mencegah penyakit, seperti HIV/AIDS. Tetapi tindakan itu bukan untuk menyembuhkan pasien (orang yang sudah terjangkiti),” kata Gubernur Zambezia itu, daerah yang paling padat penduduknya di Mozambique.

Program sunat itu bersifat sukarela, meskipun demikian para lelaki didorong untuk melakukannya. Biaya untuk pelaksanaan sunat dua putaran di Provinsi Zambezia itu lebih dari $1 juta. Biaya akan ditanggung oleh dana bantuan Amerika Serikat lewat President’s Emergency Plan for Aids Relief (Pepfar).

Menurut WHO, khitan pria mengurangi resiko lelaki heteroseksual ketularan HIV sekitar 60 persen. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>