Ustaz Somad Ajak Umat Rawat Multikulturalisme

Ustaz Abdul Somad mengajak masyarakat Indonesia merawat multikulturalisme saat mengisi tabligh akbar di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. “Indonesia itu berasal dari kata Indo, yakni India dan nesia atau pulau-pulau. Artinya, pulau-pulau yang ada di balik negara India,” katanya saat tabligh akbar di Unissula Semarang, Senin (30/7).

Ulama asal Riau itu mengingatkan ketika itu tidak dinamakan negeri Jawa, dan sebagainya, tetapi mendeklarasikan sebagai bangsa yang satu, berbahasa satu, dan bertanah air satu, yakni Indonesia. Masyarakat Jawa dipersilakan mengajarkan bahasa Jawa kepada anak-anaknya, demikian pula masyarakat Sumatra, dan daerah lain dengan berbagai budaya lainnya, tetapi tetap menjaga keindonesiaan.

“Jangan sampai kemudian kehilangan identitas. Silakan orang belajar bahasa Jawa, bahasa Sumatra, tetapi tetap cinta Indonesia, tetap menjaga keindonesiaan,” kata sosok kelahiran Silo Lama, Sumatra Utara, itu.

Ustaz Abdul Somad menyebutkan, Madinah bisa dijadikan sebagai contoh atau simbol masyarakat multikulturalisme pada zaman Nabi Muhammad SAW dengan banyaknya suku, agama, dan budaya masyarakatnya. “Madinah merupakan simbol masyarakat multikulturalisme. Ada Maria Qibtiyah yang beragama Kristen Koptik, ada Salman Al Farisi dari Persia, dan banyak lagi,” kata ulama kelahiran 18 Mei 1977 itu.

Dia menjelaskan, Islam mengajarkan ukhuwah Islamiyah bagi sesama Muslim, ukhuwah wathaniyah sebagai sesama bangsa, ukhuwah basyariah sebagai sesama manusia, dan ukhuwah khalqiyah sebagai sesama makhluk Allah SWT. “Sesama Islam bersaudara, yakni ukhuwah Islamiyah. Saya dengan tetangga, Pak Pandjaitan, juga bersaudara karena sama-sama sebangsa, itu ukhuwah wathaniyah, kemudian sesama manusia ukhuwah basyariah,” katanya.

Ada lagi, kata dia, ukhuwah khalwiyah sebagai sama-sama makhluk Allah SWT sehingga tidak boleh menyakiti hewan dan tanaman, apalagi membunuhnya tanpa alasan karena dilarang tegas dalam Islam. Ajaran untuk menjaga alam semesta sudah diajarkan Nabi Muhammad SAW sejak 14 abad lalu, sebab hewan dan binatang sama-sama makhluk Allah yang hidup sehingga tidak boleh disakiti atau disiksa.

“Jangan seenaknya menebang pohon tanpa alasan, beda lagi kalau mau ditanam padi, boleh. Bahkan, ular dan kalajengking yang mengganggu dibunuh dengan sekali bunuh, tidak boleh disiksa,” ujarnya.

Umat Islam, kata dia, sekarang ini terpecah belah. Padahal, Islam adalah rahmatan lil ‘alamin yang harus dimulai dari diri sendiri sebagai seorang Muslim dengan menebarkan kedamaian kepada sekitar.

“Mulai dari diri sendiri dan jangan tunda mulai hari ini dalam lingkungan terdekat. Pulang ngaji ini, hati-hati, jangan rebut-rebutan, gesek-gesekan, kalau ada sampah dipungutin,” katanya.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono beserta sejumlah jajaran, termasuk kalangan DPRD Kota Semarang, seperti Agung Budi Margono dan Joko Santoso. (sumber: antara/ROL)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>