Presiden Jokowi Resmi Buka MTQ Nasional di Sumatera Utara

mtq-2018

Presiden Joko Widodo resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional XXVII di Sumatera Utara, Minggu (7/10/2018) malam. Jokowi berharap pelaksanaan MTQ di Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang menjadi salah satu sumber kesejukan dan mata air melimpahnya persatuan Islam, bangsa, dan kemanusiaan.

“Hati kita seharusnya merasa damai setiap kali membaca Alquran, merasa tentram setiap kali mendengarkan lantunan ayat suci Alquran. Perasaan damai dan tenteram itu harus kita rawat, harus kita tularkan dalam kehidupan sehari-hari. Saya percaya dengan begitu tidak ada lagi yang namanya hoaks, yang namanya fitnah memfitnah, caci-mencaci di antara sesama umat. Tidak ada lagi gesekan antara sesama sebangsa dan setanah air Indonesia,” kata Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaan MTQ Nasional XXVII di kompleks
Astaka, Kota Medan, Sumut.

Menurut Presiden, sejak diturunkan pertama kali, Alquran sudah menjadi pedoman umat Islam untuk keluar dari fase penuh kegelapan menuju fase terang benderang. Alquran telah menjadi petunjuk bagi manusia dan sebagai penjelas antara yang hak dan yang batil. Bahkan Alquran juga menjadi sumber inspirasi bagi ulama dan akademisi untuk menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang akhirnya menghadirkan kemajuan bagi kehidupan manusia.

“Karena itu saya mengajak semuanya untuk memandang MTQ bukan hanya sebuah acara rutin, bukan hanya lomba menang kalah dan seni membaca Alquran, tapi suntikan energi bagi umat Islam di Indonesia untuk membumikan Alqruan dalam dunia nyata. Membumikan Alquran dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim,” ujarnya.

Presiden mengingatkan bahwa Islam adalah agama rahmatan lil alamin yang menjadi berkah bagi alam semesta. “Karena itu sebagai umat muslim, kita harus menjaga kerukunan, menjaga persaudaraan, menjaga persatuan karena kerukanan, persaudaraan dan persatuan adalah kekuatan utama bangsa Indonesia untuk bergerak maju dan menjadi sumber energi bagi kita untuk mewujudkan Indonesia yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” kata Jokowi. (sumber: sindonews/kemenag)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>