Mau Nikah Tapi di KK dan KTP Masih Beragama Katolik, Bagaimana?

Saya mau konsultasi begini, saya mau nikah di KUA. Permasalahannya nama saya di Kartu Keluarga orang tua masih beragama Katolik dan juga KTP saya sama. Sedangkan saya sudah mualaf. Apakah itu harus diubah dulu KK saya atau langsung ke KUA bawa persyaratan KK lama sama surat keterangan mualaf?

Ikhsan Saputra
Ikhsansaputraxxx@gmail.com

Saudara Ikhsan, semoga Allah SWT meridhoi hidup Anda dengan mengikuti jalan Islam sebagai petunjuk jalan. Kami senang bahwa saat saudara menjadi mualaf kemudian ada niatan untuk menikah dengan cara Islam.

Perlu diketahui bahwa pernikahan dalam Islam sebenarnya tidaklah rumit. Hanya saja pernikahan tersebut wajib mengikuti syarat dan rukunnya. Masalah ketentuan ini kami harap saudara sudah mengetahuinya dari berbagai sumber. Tentu ada calon kedua mempelai yang siap menikah dengan ketentuan dasar lainnya adanya wali khususnya dari pihak perempuan (wajib). Kemudian harus ada saksi-saksi lain.

Sesungguhnya jika saudara belum mengetahui secara detil mengenai tata cara menikah dengan syariat Islam, saudara bisa berkonsultasi ke Kantor Urusan Agama (KUA) terdekat. Kami yakin pegawai KUA akan menjabarkan secara rinci persyaratannya demi melancarkan urusan pernikahan tersebut.

Kemudian, terkait dengan pencantuman nama saudara di KK dan KTP yang masih beragama Katolik, baiknya bisa saudara urus sebagai tanda tertib administrasi kependudukan.

Terkait dengan hal tersebut, saudara dapat membaca penjelasan di-link berikut: https://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt507327465b2af/sahkah-perkawinan-mualaf-yang-belum-ber-ktp-islam?

Semoga jawaban ini dapat membantu mempermudah dan melancarkan urusan saudara menuju ke jenjang pelaminan. Sekali lagi kami ucapkan selamat dan semoga Allah SWT melanggengkan keimanan dan pernikahan saudara. Aamiin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>