Wali Kota Solok Dorong Anak-anak Hafal & Amalkan Qur’an

Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Zul Elfian, meminta para orangtua agar senantiasa mendorong anak-anak menjadi hafizh atau penghafal Al-Qur’an serta mampu mengamalkan isi Al-Qur’an tersebut.

“Anak-anak jangan hanya sekadar bisa membaca Al-Qur’an, tetapi marilah diberikan dorongan untuk menjadi hafizh Al-Qur’an. Karena, anak-anak yang senantiasa membaca, mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an akan menolong nantinya di dunia dan di akhirat,” ujarnya.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri acara khataman Al-Qur’an siswa di Masjid Nurul Hidayah, Solok, Ahad (31/03/2019). Ia mengatakan kegiatan khataman (menamatkan membaca) Al-Qur’an akan meningkatkan motivasi siswa dalam mengamalkan ajaran Al-Qur’an di daerah itu.

“Kegiatan khataman Al-Qur’an ini penting, karena dapat meningkatkan motivasi anak-anak dalam mengamalkan dan salah satu cara menyukseskan gerakan kembali pada Al-Qur’an,” ujarnya kutip Antaranews.com, Senin (01/04/2019).

Wali Kota berpesan kepada anak-anak yang khatam Al-Qur’an agar terus membaca, mempelajari, mengamalkan, serta mensyiarkan Al-Qur’an di dalam kehidupannya. Sebab, kata dia, jika dunia tidak memiliki fondasi dari ajaran Al-Qur’an, tentu hidup dan perilaku siswa menjadi hampa dan tidak terkontrol karena tidak dilandasi dengan ajaran Islam yang kokoh.

Ia menilai, ketika siswa telah menamatkan Al-Qur’an, maka akan memotivasi dirinya untuk mempelajari dan mengamalkan lebih dalam ajaran Islam, sehingga membuat kehidupan mereka lebih tertata dan menjadi teladan di masa depan.

Wali Kota juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pengurus masjid dan seluruh masyarakat Banda Panduang yang telah ikut melakukan dan menyukseskan kegiatan ini.

“Untuk itu, sekali lagi kami ucapkan selamat kepada para ustadz dan ustadzah karena telah menjadikan anak-anak pintar membaca Al-Qur’an,” ujarnya.

Kegiatan khataman Al-Qur’an ini diawali dengan pawai yang dimulai dari depan Kantor Camat Lubuk Sikarah dan finish di Masjid Nurul Hidayah Banda Panduang. Murid yang diwisuda dalam khataman Al-Qur’an berjumlah 21 orang.

Pada kesempatan itu, Wali Kota juga memberikan penghargaan kepada anak didik yang hafal doa-doa pendek dan hafizh Al-Qur’an. Acara itu juga dihadiri Lurah Tanah Garam Asril, Perwakilan Kepala Kantor Kemenag Kota Solok, para wali murid, pengurus Masjid Nurul Hidayah, serta masyarakat Banda Panduang. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>