Allahu Akbar! Shalat Jumat Perdana di Masjid Agung Hagia Sophia

Shalat-Jumat-Pertama-Hagia-Sophia.jpeg

Masjid Hagia Sophia yang belum lama ini resmi difungsikan kembali sebagi tempat ibadah umat Islam, untuk pertama kalinya dalam 86 tahun terakhir, menjadi tempat shalat Jumat (24/7/2020). Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersama isteri dan sejumlah elite negara Turki melaksanakan shalat Jum’at berjamaah bersama puluhan ribu jamaah yang membludak hingga ke jalanan di sekitar masjid.

Masjid Hagia Sophia dengan kapasitas 1.500 orang, penuh oleh jama’ah, sedang ribuan lainnya yang tak mendapat kesempatan masuk, memenuhi jalanan, jalan raya hingga setapak, di sekitaran masjid. Hingga 1,6 KM jauhnya dari Masjid Hagia Sophi dipenuhi oleh Muslim yang menghadiri Shalat Jum’at tersebut.

Presiden Erdogan membaca Al-Quran beberapa saat sebelum adzan berkumandang dari 4 menara Masjid Hagia Sophia. Erdogan membaca Surat Al-Fatihah dan lima ayat pertama Surat Al-Baqarah, sebelum kemudian Kepala Direktorat Urusan Agama (Diyanet), Prof. Dr. Ali Erbaş, naik untuk memberikan khutbah Jum’at.

Hadir bersama dengan Erdogan, Ketua Parlemen Mustafa Şentop, Wakil Presiden Fuat Oktay, anggota Kabinet Presiden dan Ketua MHP Devlet Bahçeli, yang juga menunaikan shalat Jumat di Masjid Hagia Sophia. Ibu Negara, istri Erdogan, Emine Erdogan, shalat di bagian yang diperuntukkan bagi wanita, yakni di Mehmet Akıf Parkı dan wilayah disebelah Sultanahmet Türbesi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>