Tank-tank ‘Israel’ Menembaki Gaza, Melanjutkan Serangan Berturut-turut

Tank-tank Israel menembaki lokasi yang disebut sebagai posisi Hamas di Jalur Gaza pada Kamis (20/08/2020) dalam apa yang dikatakan tentara ‘Israel’ sebagai tanggapan terhadap gelombang balon pembakar yang terus dikirim melintasi pagar keamanan ke kota-kota dan permukiman ‘Israel’ di dekatnya.

Media lokal mengungkap bahwa pengiriman balon pembakar adalah reaksi terhadap pengkianatan ‘Israel’ atas kesepakatan damai. Kekerasan yang terus berlanjut – yang telah berlangsung selama sembilan malam berturut-turut – terjadi meskipun ada upaya oleh pejabat keamanan Mesir untuk mengakhiri gejolak, yang telah menyebabkan dua minggu serangan roket dan balon api dari Gaza dan serangan ‘Israel’ setiap malam.

Media lokal melaporkan pada hari Kamis bahwa Qatar juga menengahi antara ‘Israel’ dan Hamas – kelompok yang mengatur Jalur Gaza – untuk memulihkan ketenangan dan bahwa 48 jam mendatang akan menjadi sangat penting.

Pejabat keamanan Gaza mengatakan serangan Israel menghantam pos pengamatan Hamas di dekat kamp pengungsi al-Maghazi dan al-Bureij di tengah jalur itu, dan kota Khan Younis, lebih jauh ke selatan.

Tidak ada korban jiwa, kata mereka.

Sebuah pernyataan militer ‘Israel’ mengatakan “balon pembakaran telah diluncurkan dari Jalur Gaza ke Israel,” Al Jazeera melaporkan.

“Sebagai tanggapan … tank menargetkan pos militer milik organisasi Hamas di Jalur Gaza,” katanya.

Pemadaman Listrik

Sebagai bagian dari tindakan balasan atas balon pembakar tersebut, Israel telah melarang penangkapan ikan di lepas pantai Gaza dan menutup penyeberangan barang Karam Abu Salem (Kerem Shalom), memotong pengiriman bahan bakar ke satu-satunya pembangkit listrik di wilayah itu.

Pasokan listrik telah berkurang bahkan sebelum dimatikan, dengan konsumen hanya memiliki akses listrik sekitar delapan jam sehari.

Dan kini akses akan dipotong menjadi hanya empat jam sehari dengan menggunakan daya yang dipasok dari jaringan ‘Israel’.

Jalur Gaza memiliki populasi dua juta, lebih dari setengahnya hidup dalam kemiskinan, menurut Bank Dunia. Wilayah Palestina telah berada di bawah blokade ‘Israel’ yang menghancurkan sejak 2007.

‘Israel’ dan Hamas telah berperang tiga kali sejak 2008.

Pada hari Rabu (19/08/2020), ketua Jaringan Neonatal Gaza (GNN) memperingatkan bahwa seringnya pemadaman listrik mengancam nyawa lebih dari 100 bayi baru lahir yang saat ini berada dalam inkubator perawatan intensif di rumah sakit Gaza.

Nabil al-Baraqoun mengatakan 135 inkubator neonatal semuanya ditenagai oleh listrik, mencatat pemadaman listrik dan penggunaan sumber energi alternatif menyebabkan kerusakan pada perangkat medis seperti inkubator, peralatan resusitasi, dan ventilator, yang dapat menyebabkan komplikasi pada bayi – dan bahkan kematian. .

Qatar berjanji untuk mengirim 15 juta dolar AS ke Gaza setiap bulan sebagai bagian dari perjanjian informal antara ‘Israel’ dan Hamas.

Di bawah kesepakatan itu, ‘Israel’ mengizinkan hibah untuk melewati wilayahnya sebagai imbalan untuk diakhirinya protes mingguan “March of Return” yang diadakan oleh warga Palestina di timur pagar yang memisahkan ‘Israel’ dari Gaza.

Sebagian besar dana akan digunakan untuk membayar gaji pegawai sipil Hamas tetapi sekitar 5 juta dolar AS setiap bulannya disalurkan untuk orang-orang Palestina yang miskin di Gaza. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>