Malaysia Larang Impor Daging Babi dari Indonesia

Pemerintah Malaysia melarang produk-produk berkitan dengan daging babi asal Indonesia sebagai tindakan pencegahn penularan penyakit demam babi Afrika. Wakil Menteri Agrikutur dan Industri Berbasis Agro Sim Tse Tzin mengatakan tindakan itu demi bio-sekuriti Malaysia.

“Penyakit itu dilaporkan sudah menjangkiti 11 negara termasuk Indonesia, dan kami mengambil langkah dengan melarang semua produk berkaitan daging babi dari negara-negara terjangkit. Kami mendesak agar rakyat Malaysia bersungguh-sungguh ikut menanggulangi wabah itu dan tidak mengimpor produk-produk daging babi,” kata wakil menteri itu seperti dilansir The Star.

“Kami juga akan menggiatkan pengawasan untuk memastikan pengelola-pengelola restoran dan toko ritel tidak menyelundupkan barang terlarang,” kata Sim kepada para reporter usai menyerahkan bantuan sekolah kepada 180 penerima di Bayan Baru hari Sabtu (14/12/2019).

Bicara kemungkinan kenaikan harga produk daging babi, Sim mengatakan situasinya terkendali, seraya menambahkan bahwa produksi dalam negeri masih mencukupi.

“Industri daging babi lokal bernilai RM5 miliar dengan swasembada 93%. Harga daging babi stabil dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” kata Sim.

Bulan lalu, Malaysia melarang impor daging babi dan produk-produk berbahan babi dari 10 negara disebabkan wabah demam babi Afrika. (sumber: hidayatullah/thestar)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>