Peringatan 25 Pembantaian Muslim Bosnia

kuburan-masal-serbenica

Dua puluh lima tahun silam terjadi tragedi kemanusiaan di jantung Benua Eropa–yang dikenal sebagai pengusung demokrasi dan HAM–yaitu di Bosnia Herzegovina. Ribuan Muslim dibantai oleh tentara dan paramiliter Serbia.

Hingga hari ini media internasional masih melaporkan ditemukannya kuburan para korban di Srebenica, sebuah kota kecil sekitar empat jam perjalanan naik kendaraan dari ibu kota Bosnia, Sarajevo.

Srebrenica penting disebut karena sebagai salah satu pusat pembantaian Muslim Bosnia selain Sarejevo sendiri. Kuburan masal dengan lahan luas berada di sana. Beda dengan kuburan massal di Sarajevo yang relatif lebih kecil lahannya. Tapi kedua menarik perhatian — terutama di Sarajevo — karena berada area ibu kota negara. Bahkan ini diambil dari lahan bekas taman kota. Dunia seperti melupakan nasib Muslim Bosnia, tapi Allah SWT tetap mengingatkan kejadian keji tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>