Reaksi Nabi Muhammad Ketika Ada Orang Buang Air di Masjid

Rasulullah SAW yang diutus sebagai rahmat bagi seluruh alam adalah orang yang sangat santun. Beliau lebih suka memberi maaf meski sanggup membalas.

Pada suatu ketika, beliau sedang mengajar para sahabat mengenai taharah (hukum bersuci). Lalu, ada seorang Arab dari kalangan Badui buang air kecil di sudut masjid. Para sahabat yang melihat itu segera bangkit dan hendak mencegah orang itu.

Rasulullah SAW memerintahkan para sahabat untuk membiarkan orang Badui tersebut menyelesaikan hajatnya. Setelah orang itu selesai, Rasulullah SAW pun tidak memarahinya. Beliau SAW meminta diambilkan seember air, lalu menuangkannya di tempat si Badui itu buang air kecil. Masjid Nabawi yang masih berlantaikan tanah pasir membuat air kencing si Badui bisa cepat diserap bumi, kemudian kasus pun selesai. (HR Bukhari).

Rasulullah SAW menasihati si Arab Badui dengan kata-kata yang lembut. Sabda Beliau SAW, “Sesungguhnya masjid ini tidak pantas untuk membuang benda najis atau kotoran. Masjid itu dibangun sebagai tempat untuk dzikir kepada Allah, sholat, dan membaca Alquran.” (HR Muslim). (sumber: ROL)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>