22 Peserta dari 8 Negara Ikuti Musabaqah Hifdzil Qur’an se-Asia Tenggara di Kota Tangerang

mhq-kota-tangerang

Islamic International Charity Organization dari Kuwait menggelar lomba menghafal al-Qur’an Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) se-Asia Tenggara 2017, bertempat di Hotel Allium, Kota Tangerang, Banten, Kamis (19/01/2017).

Pada penyelenggaraannya yang ke-16 ini, Indonesia didaulat menjadi tuan rumah dengan Pesantren Daarul Qur’an pimpinan Yusuf Mansur sebagai pihak pelaksananya.

Dalam sambutan pembukaan acara, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, suatu kehormatan kotanya menjadi tempat pelaksanaan MHQ se-Asia Tenggara. “Mudah-mudahan membawa keberkahan juga buat kita,” ujarnya. Arief berharap kegiatan yang sangat baik tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Ketua Steering Committee Ahmad Slamet Ibnu Syam menjelaskan, MHQ kali ini diikuti oleh 22 peserta dari 8 negara. Yaitu Indonesia, Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia, Kamboja, Myanmar, dan Brunei. “Indonesia mengirimkan 4 orang peserta,” ucapnya.

Slamet menambahkan, untuk usia peserta yakni dari 13-25 tahun, semuanya laki-laki. Sedangkan kategori lomba terdiri dari 10 juz, 20 juz, 30 juz, dan 30 juz dengan matan jazariyah (kaidah tajwid).

Ia mengungkapkan, proses seleksi untuk peserta Indonesia sendiri sudah digulirkan sejak November tahun lalu. Yang mana dibagi menjadi lima zona seleksi, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara. “Ada 200 lebih yang diseleksi. Peserta bersifat umum, sehingga siapa saja boleh. Bahkan ada peserta tidak mewakili dari pesantren,” paparnya.

Adapun yang terpilih mewakili Indonesia, terang Slamet, yakni perwakilan dari Pesantren Al-Aziziyah Lombok, Ponpes Isykarima Solo, dan Pesantren Baitul Qur’an Kendari.

Harapan ke Depan

Slamet berharap, ke depan pelaksanaan MHQ dapat diikuti dengan lebih banyak lagi peserta dan negara yang berpartisipasi. “Dari Asia Tenggara ke level Asia Pasifik misalnya,” ucapnya. Sehingga, kata dia, bisa lebih semarak dalam nilai dakwah Islam, khususnya al-Qur’an. Termasuk dalam rangka mencari bibit penghafal al-Qur’an.

Dalam MHQ kali ini, Slamet memaparkan, total hadiah yang akan diraih peserta mencapai sekitar 500 juta rupiah. Dengan perincian, untuk juara 1 masing-masing kategori yakni 30 juz mendapatkan $4.000 US dolar, untuk 20 juz mendapatkan $2.500 US dolar, sedangkan 10 juz mendapatkan $1.700 US dolar.

Acara pembukaan tersebut turut dihadiri oleh Yusuf Mansur, serta para perwakilan Duta Besar dari negara sahabat. Di antaranya Kuwait, Mesir, Saudi Arabia, dan Uni Emirat Arab. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>