Tiga Macam Mukjizat Alquran

Orang-orang beriman tidak meragukan lagi bahwa Alquran adalah kitab teragung sepanjang masa yang merupakan salah satu mukjizat kerasulan Muhammad saw. Isi kandungan Alquran pun cocok untuk segala zaman dan tempat. Kesucian Alquran juga sangat terjaga mulai dari pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. hingga nanti kiamat tiba. Itulah jaminan yang Allah sampaikan kepada umat manusia sekaligus memberikan bukti nyata terkait keistimewaan Alquran.

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Alquran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (Q.S. Al-Hijr: 9).

Jaminan kesucian dan keaslian isi Alquran menjadi bukti bahwa kitab itu memang benar-benar kalam Ilahi yang diturunkan kepada manusia yang paling mulia bernama Muhammad. Tidak ada orang yang mampu membuat kitab seperti Alquran. Tidak ada kitab yang bisa menandingi kehebatan Alquran.

Jika misalnya Alquran adalah ciptaan manusia atau karangan dari Nabi Muhammad saw., maka akan banyak pertentangan dengan isi di dalamnya. Namun, hingga kini pertentangan itu tidak pernah ada. Malahan isi Alquran membuka tabir-tabir yang sebelumnya tersembunyi, misalnya seputar sains.

Allah swt. berfirman, “Maka apakah mereka tidak memperhatikan Alquran? Kalau kiranya Alquran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.” (Q.S. An-Nisa: 82).

Tiga Mukjizat Alquran

Sahabat, ada tiga mukjizat Alquran yang perlu kita ketahui, yaitu:

1. Mukjizat Kalamiyyah

Maksudnya, Alquran memiliki kekuatan lafaz atau kata-kata dalam bahasa Arab yang bagus gaya bahasanya. Tidak ada yang mampu membuat kata-kata yang bagus dan fasih seperti Alquran. Bahkan, sekelas Imriil Qais atau Farazdaq yang seorang penyair di masa jahiliyah pun tidak mampu membuat kata-kata seindah Alquran.

Termasuk juga Musailamah Al-Kadzab yang mengaku sebagai nabi serta menyatakan dirinya ahli retorika dan mencoba meniru surat Al-Fil versinya. Ia malah membuat surat Al-Fil versinya sangat kacau tata bahasanya dan jauh dari nilai sastra.

Selain gaya bahasanya yang sangat indah serta fasih susunannya, Alquran pun mempunyai susunan kata yang mudah dipelajari dan dihafal seluruhnya. Kemudahan mempelajari dan menghafal Alquran adalah jaminan dari Allah Swt. kepada kita.

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (Q.S. Al-Qamar: 17).

2. Mukjizat Ma’nawiyyah

Maksudnya, Alquran memiliki makna yang sangat dalam pada setiap ayatnya. Kekuatan makna ini bahkan bisa memengaruhi mental siapa saja yang membaca atau mendengar Alquran. Misalnya terkait ayat-ayat tentang hari kiamat. Siapapun akan terhenyak mendengar ayat-ayat ini. Ketakutan akan muncul dari lubuk hatinya.

Jika kita merenungi ayat-ayat Alquran, maka kita akan mendapat makna yang sangat dalam dari ayat-ayat Alquran yang kita baca. Itulah mukjizat dalam Alquran.

3. Mukjizat Sima’iyyah

Maksudnya, Alquran memiliki kekuatan super yang terpancar dari sinyal-sinyal suaranya ketika seseorang melantunkan Alquran. Orang yang mendengar Alquran meskipun misal tidak mengerti artinya, ia akan terpengaruh.

Contohnya, ia bisa tiba-tiba terenyuh, menangis, atau merasa tenteram jiwanya. Bisa jadi seseorang yang tengah dilanda pikiran yang kusut dan perasaan yang tidak menentu menjadi tenang dan damai saat mendengar Alquran.

Ya, itulah mukjizat sima’iyyah dalam Alquran. Al-Qur’an bisa menjadi obat bagi hati yang sakit. Oleh karena itulah kita diminta untuk mendengarkan Alquran dengan khidmat agar obat yang terkandung dalam Alquran bisa menyerap ke dalam hati kita. (sumber: rumah zakat)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>