Proyek Raksasa Abad Ini: Terusan Salman

Majalah el-Muhandis milik Arab Saudi akhir-akhir ini mengungkap detail “Proyek Seabad” berupa pembuatan terusan yang menghubungkan Teluk Arab dengan Laut Arab yang membelah padang pasir Saudi Arabia.

Proyek ini kedepan diharapkan agar negara-negara Arab tidak lagi membutuhkan Selat Hormuz untuk mengangkut minyak mereka.

Majalah yang sama juga menegaskan bahwa Saudi Arabia sudah merampungkan langkah-langkah prosedural untuk mempelajari proyek ini. Demikian dinukil oleh situs alkhaleejonline, Jumat (22/04/2016).

Pada edisi terakhir, Majalah El-Muhandis yang diterbitkan memaparkan ide proyek tersebut yang fokus utamanya adalah membangun dan memproduksi tenaga listrik pada tahap pertama, baru selanjutnya melaksanakan proyek integritas dengan nama “Kebangkitan Kingdom II”.

Secara otomatis, proyek ini kedepan akan memotong atau memutus Selat Hormuz, sehingga Saudi tidak lagi memerlukannya dan dapat langsung mengangkut minyaknya melewati terusan buatan terbesar di dunia dalam sejarah terusan buatan ini.
Ringkasan ide utama proyek ini adalah membuat terusan laut, yang dimulai dari Laut Arab, melintasi perbatasan Oman dan perbatasan Yaman, lalu membelah lebih dari seperempat padang sahara kosong Saudi sebagai sahara terbesar dunia di Semenanjung Arabia.

Sebagian besar dari terusan ini berada di wilayah Saudi, dengan luas total 600 ribu KM persegi, Yang panjangnya 1000 KM dan lebarnya 500 KM. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>