Puluhan Ribu Warga Hadiri Tausiyah Kebangsaan di Lapangan Monas

tausiyah kebangsaan

Setelah umat Islam di Ibu Kota diijinkan menggunakan kembali kawasan Monumen Nasional (Monas) untuk kegiatan syiar Islam, umat langsung merespons. Sedikitnya puluhan ribu -bahkan diperkirakan bisa mencapai ratusan ribu- warga memadati sebagian besar sisi barat lapangan Medan Merdeka Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat, Ahad (26/11/2017).

Mereka mengikuti acara keagamaan bertema “Tausiyah Kebangsaan” dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang diinisiasi Pemprov DKI.

Acara yang berlangsung setelah hujan mengguyur kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya, ini dimulai dengan shalat isya berjamaah. Acara dihadiri berbagai elemen masyarakat. Para tokoh pemerintah dan politik yang hadir antara lain Gubernur Anies Baswedan, Wagub Sandiaga Uno, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Shohibul Iman, Wakil Ketua DPRD Lulung Lunggana, dan banyak lagi.

Tokoh agama yang hadir di antaranya Pembina Majelis Rasulullah SAW Al Habib Muhammad Albagir bin Yahya, Pembina Majelis Nurul Mustafa Al Habib Abdulloh bin Ja’far Assegaf, Ulama Betawi KH Abdul Rasyid Abdullah Syafi’ie, serta ulama dan tokoh masyarakat lainnya.

Wagub Sandi dalam sambutannya menyampaikan, hari Ahad, 26 November 2017 menandakan dimulainya keagamaan maupun kebudayaan di kawasan lapangan Medan Merdeka Monas.

“Mulai hari ini Monas mulai dipergunakan untuk kegiatan keagamaan,” ujar Sandi di atas panggung utama disambut apresiasi hangat dari para peserta acara yang sebagian besar duduk lesehan.

Menariknya pula, gelaran yang dirangkai dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam ini terlihat ada kemiripan dengan Aksi Bela Islam III (Aksi 212).

Misalnya, dalam hal pengaturan lokasi. Selain sama-sama bertempat di sisi barat Monas -panggung utamanya, pada acara ini jamaah pria dan wanita ditempatkan terpisah. Kemudian, begitu acara berakhir, yel yel “Aksi Bela Islam” langsung dilantunkan sebagian peserta acara.

Pekan depan, di lapangan Medan Merdeka Monas akan digelar acara Reuni 212 untuk memperingati setahun Aksi 212. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>