Peringatan Hari Santri Nasional Dipusatkan di Solo

hari-santri-2018

Peringatan Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Peringatan tahun ini dipusatkan di Solo, Jawa Tengah. Ribuan santri dari berbagai daerah mengikuti Apel Akbar Santri Nusantara.

Acara yang digelar oleh Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) itu juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang didampingi oleh Ibu Negara Iriana. Jokowi hadir mengenakan jas warna abu-abu dengan bersarung dan berpeci. Kegiatan apel akbar itu di kawasan Benteng Vastenburg.

Ketua Umum RMI NU, Abdul Ghoffarrozin dalam sambutannya mengatakan apel itu digelar untuk memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh setiap 22 Oktober. “Hari Santri ini merupakan pengingat atas fatwa Resolusi Jihad,” katanya.

Dia menyebut bahwa Apel Akbar Santri Nusantara itu diikuti oleh 48 ribu santri dari berbagai daerah. “Santri dari 34 provinsi hadir dalam acara ini,” katanya. Selain memperingati Hari Santri Nasional, mereka datang untuk meneguhkan semangat menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Acara apel dalam rangka Hari Santri Nasional tersebut sengaja digelar di Solo lantaran kota tersebut mewakili daerah yang memiliki multikultur. Menurut Ghofarrozin, Solo juga menjadi pemantik terhadap berlangsungnya peristiwa Sumpah Pemuda.

Pelaksanaan Apel Akbar Santri Nusantara itu diharapkan bisa menjadikan sinergi pemerintah dengan pesantren semakin kongkret. “Selama ini pesantren selalu berbenah untuk menguatkan ekonomi dan menyiapkan sumber daya manusia di Indonesia,” katanya. (sumber: tempo)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>