Pernyataan Taurat dan Injil tentang Kerasulan Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW diutus kepada umat manusia dengan membawa syariat yang menghapus syariat-syariat sebelumnya. Demikian pernyataan Allah SWT dalam firman-Nya, yang artinya, “Dan tidaklah Kami mengutus engkau, melainkan kepada umat manusia seluruhnya, sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS. Saba: 28).

“Mahasuci Allah yang telah menurunkan Al-Furqan (Al-Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.” (QS Al-Furqan: 1).

Kabar gembira tentang bakal diutusnya Nabi Muhammad SAW sebenarnya telah tercantum dalam Taurat, Injil, dan Zabur. Sebagai contoh, Yohanes menceritakan bahwa Al-Masih AS antara lain pernah mengatakan:

“Jikalau kamu mengasihi aku, kamu akan menuruti segala perintahku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Dia akan memberikan kepadamu seorang Paraklet yang lain, supaya dia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tiak dapat menerima dia, sebab dunia tidak melihat dia dan tidak mengenal dia, tetapi kamu mengenal dia, sebab dia menyertai kamu, dan akan diam di tengah kamu.” (Yohanes: 15-17)

Al-Masih AS juga berkata pada ayat lain, “Tetapi sekarang aku pergi kepada Dia yang mengutus aku, dan tiada seorang pun di antara kamu yang bertanya kepadaku: ‘Kemana engkau pergi?’ Tetapi karena aku mengatakan itu kepadamu, sebab itu hatimu berduka cita. Namun benar yang kukatakan kepadamu ini. Adalah lebih berguna bagi kamu, jika aku pergi. Sebab jikalau aku tidak pergi, Paraklet itu tidak akan datang kepadamu. Tetapi jika aku pergi, aku akan mengutus dia kepadamu. Dan kalau dia datang, dia akan menginsyafkan dunia akan  dosa, kebenaran, dan penghakiman. Akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya  kepadaku. Akan kebenaran, karena aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat aku lagi. Akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.”

“Masih banyak hal yang harus kukatakan kepada kamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila dia datang, yaitu Ruh Kebenaran,, dia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran. Sebab, dia tidak akan berkata-kata dari dirinya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarnya itulah yang akan dikatakannya, dan dia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Dia akan memuliakan aku, sebab dia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya daripadaku.” (Yohanes: 5-14)

“Paraklet” jika diterjemahkan ke dalam bahasa Arab ialah “Ahmad”, sebagaimana difirmankan oleh Allah Ta’ala dalam Al-Quran al-karim bahwa Al-Masih AS berkata, “….dan (aku) memberi kabar gembira tentang (datangnya) seorang rasul yang akan datang sesudahku, namanya Ahmad….” (QS. Ash-Shaff: 6)

Akan tetapi, bagi orang yang membaca nash-nash tersebut di atas dan meneliti arti dan tujuannya dengan seksama, dia akan mengerti bahwa Nabi Isa AS sebenarnya memberi kabar gembira tentang bakal diutusnya Nabi kita, Muhammad SAW, lalu dia sebut “Paraklet yang lain”, maksudnya rasul selain dirinya, yang syariatnya akan abadi sampai hari Kiamat, dan sesudahnya tidak ada lagi nabi maupun rasul yang lain.

Al-Masih AS mengatakan, “Jikalau aku tidak pergi, Paraklet itu tidak akan datang kepadamu…” dst. Kenyataannya memang demikian, bahwa Nabi Muhammad SAW telah menginsyafkan kaum Yahudi dan Nasrani, yang semula mengingkari kenabian Al-Masih, berbuat jahat terhadapnya, dan mengubah agamanya. Nabi Muhammad SAW telah memimpin seluruh umat manusia kepada kebenaran. Beliau tidak berkata-kata dari dirinya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarnya itulah yang dia katakan, sebagaimana dinyatakan dalam Al-Quran:

“Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemauan dirinya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya). (QS. An-Najm: 3-4).

Selain itu, telah diriwayatkan pula secara tsabit (otentik) bahwasanya banyak hal yang akan datang yang beliau katakan, dan ternyata benar, apa-apa yang beliau katakan semuanya benar-benar terjadi. Beliau juga mengagungkan Nabi Isa AS. (sumber: Sirah Nabawiyah, Prof. Muhammad Ridha, ibs/2010)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>