Mukjizat Minyak Zaitun

“Dia menumbuhkan  bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan  segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS.an-Nahl [16]:11)

Begitu banyak khasiat dan manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Karenanya, tak heran, jika minyak zaitun banyak dicari dan digunakan oleh masyarakat.  Siapa yang mengira kalau minyak zaitun ternyata dapat menekan angka kematian. Sebuah penelitian yang diterbitkan majalah Last pada 20 Desember 1999 menggambarkan bahwa negara yang saat itu dikenal sangat miskin untuk standar Eropa, yaitu Albania, ternyata mempunyai angka kematian yang paling sedikit di antara negara-negara lainnya.

Negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam itu memiliki angka kematian kalangan pria sebanyak 41 orang dari setiap 100 ribu orang, separuh dari keadaan di Britania. Setelah ditelusuri lebih jauh mengenai pola hidup masyarakat Albania, ternyata hal itu dipengaruhi oleh tingkat mengonsumsi minyak zaitun.

Sebuah studi yang dipublikasikan November 1995 dan dilakukan terhadap 2.564 wanita yang terkena kanker payudara menegaskan bahwa ada korelasi terbalik antara kemungkinan terjadinya kanker payudara dengan pengonsumsian minyak zaitun. Dan, bahwa banyak mengonsumsi minyak zaitun memberikan andil dalam melindungi seseorang dari serangan kanker payudara.

Ada pula sebuah studi yang dipublikasikan majalah Archives pf Internal Medicine edisi Agustus 1998. Ditulis, meminum sesendok makan minyak zaitun setiap hari bisa  mengurangi bahaya terjadinya kanker payudara sampai pada kadar 45 persen. Dari beberapa hasil penelitian tersebut, tampak jelas bahwa minyak zaitun mempunyai peran dalam proses pencegahan kanker payudara.

Mei 1996, sebuah majalah di britania mempublikasikan ihwal sebuah studi yang dilakukan terhadap 145 wanita Yunani yang terkena kanker rahim. Peneliti mengkorelasikan antara-wanita-wanita yang terkena kanker rahim dengan wanita-wanita yang banyak mengonsumsi minyak zaitun.

Hasil penelitian tersebut menyimpulkan, para wanita yang mengonsumsi minyak zaitun lebih sedikit yang terkena kanker rahim. Dan kemungkinan terjadinya kanker pada mereka turun hingga 26 persen.

Beberapa manfaat minyak zaitun

Minyak Zaitun Mengurangi Kolesterol Berbahaya. Berbagai riset membuktikan adanya fakta yang tidak menyi-sakan keraguan lagi, bahwa minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol berbahaya, tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat.

Minyak Zaitun Mencegah dan Mengurangi Serangan Kanker. Para peneliti menyatakan bahwa sebab menurunnya rasio kematian akibat serangan kanker di Laut Putih Tengah adalah karena makanan penduduk negeri tersebut mengandung minyak zaitun sebagai sumber utama lemak, di samping mengandung sayur-sayuran, buah-buahan, dan kol. Profesor Asman, Ketua Akademi Studi Arteriosclerosis di Universitas Monstar, Jerman, dia merupakan peneliti paling menonjol di dunia di bidang kedokteran dan arteriosclerosis, ia berkata, “Pengkonsumsian minyak zaitun bisa melindungi tubuh dari serangan sejumlah kanker lainnya, di antaranya kanker colon, kanker rahim, kanker ovarium, sekalipun jumlah studi ini masih terlalu minim.”

 

Minyak Zaitun dan Kanker Rahim. Majalah Kanker Britania memublikasikan pada Mei 1996 sebuah studi yang dilakukan terhadap 145 wanita Yunani yang terkena kanker rahim. Para peneliti mengorelasikan antara wanita-wanita yang terkena kanker rahim tersebut dengan wanita-wanita yang banyak mengkonsumsi minyak zaitun. Ternyata, para wanita yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih sedikit yang terkena kanker rahim. Di mana kemungkinan terjadinya kanker pada mereka turun sampai 26%.

Minyak Zaitun dan Kanker Colon. Ada juga beberapa studi yang menunjukkan bahwa pengkonsumsian buah-buahan, sayur-sayuran, dan minyak zaitun, memainkan peran penting dalam melindungi tubuh dari serangan kanker colon.

Minyak Zaitun dan Kanker Kulit (Melanoma). Majalah Dertmatdogg Times edisi Agustus 2000 menyebutkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa menggunakan minyak zaitun setelah renang sebagai krim kulit dan berjemur, akan melindungi terjadinya kanker kulit (melanoma).

Minyak Zaitun Mengurangi Timbulnya Tukak Lambung. Dr. Samût, dari Universitas Harvard Amerika, menyampaikan sebuah studi di Kongres Terakhir Organisasi Penyakit Sistem Pencernaan Amerika yang diadakan pada Oktober 2000. Dr. Samût menegaskan bahwa gizi yang terkandung dalam minyak zaitun bisa memiliki pengaruh positif dalam melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit tukak lambung.

Minyak Zaitun Berkhasiat Seperti ASI. Dalam sebuah studi modern yang dipublikasikan di bulan Februari 1996 M di Universitas Barcelona, Spanyol, yang dilakukan terhadap empat puluh wanita yang menyusui diambil sampel ASI dari mereka. Para peneliti menemukan bahwa kebanyakan lemak yang terkandung di dalam ASI termasuk jenis lemak yang berantai tunggal. Jenis lemak ini dikategorikan sebagai lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia, dan itulah jenis lemak yang terkenal terdapat dalam minyak zaitun.

Minyak Zaitun Membunuh Kutu Kepala. Beberapa studi yang dilakukan di beberapa Universitas dan Akademi di Amerika, tentang kutu kepala, menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun sebagai minyak rambut yang terkena kutu, dalam beberapa jam saja bisa membunuh kutu yang ada di kepala.

Masker wajah. Usapkan minyak zaitun pada wajah dan hindari area mata. Setelah satu menit, hapus dengan air hangat. Minyak zaitun berfungsi sebagai masker anti penuaan.

Perawatan rambut. Minyak zaitun baik dipakai untuk melembabkan rambut kering dan sangat disarankan bagi yang memiliki rambut tebal untuk melembutkan rambut yang kaku. Caranya, aplikasikan minyak zaitun dengan handuk hangat dan biarkan selama 20 menit, lalu cuci bersih.

Melembutkan kulit. Gunakan minyak zaitun di kaki untuk melembutkan dan menghaluskan kulit sebelum tidur. Pakai kaos kaki agar zaitun meresap sempurna. Pemakaian rutin menjadikan kaki halus dan lembut.

Perawatan tangan dan kuku. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memperoleh produk perawatan kuku dan tangan. Usapkan minyak zaitun pada tangan dan kuku membuat kuku lebih sehat.

Lulur. Campurkan garam, gula dan minyak zaitun dan gunakan sebagai lulur. Hasilnya, disamping akan mengelupas sel-sel kulit mati, kulit lebih lembut dan lembab.

Ya, sungguh banyak khasiat dari zaitun yang disebut beberapa kali dalam Al-Qur’an. Islam begitu sempurna dan lengkap. Karena itu inilah jalan yang lurus yang telah dibawa oleh Rasulullah SAW, sehingga tidak ada lagi agama selain Islam yang begitu sempurna sebagai panduan hidup manusia. Wallahu’alam. (w-islam.com)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>