Mukjizat Minyak Zaitun

“Dia menumbuhkan  bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan  segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS.an-Nahl [16]:11)

Begitu banyak khasiat dan manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Karenanya, tak heran, jika minyak zaitun banyak dicari dan digunakan oleh masyarakat.  Siapa yang mengira kalau minyak zaitun ternyata dapat menekan angka kematian. Sebuah penelitian yang diterbitkan majalah Last pada 20 Desember 1999 menggambarkan bahwa negara yang saat itu dikenal sangat miskin untuk standar Eropa, yaitu Albania, ternyata mempunyai angka kematian yang paling sedikit di antara negara-negara lainnya.

Negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam itu memiliki angka kematian kalangan pria sebanyak 41 orang dari setiap 100 ribu orang, separuh dari keadaan di Britania. Setelah ditelusuri lebih jauh mengenai pola hidup masyarakat Albania, ternyata hal itu dipengaruhi oleh tingkat mengonsumsi minyak zaitun.

Sebuah studi yang dipublikasikan November 1995 dan dilakukan terhadap 2.564 wanita yang terkena kanker payudara menegaskan bahwa ada korelasi terbalik antara kemungkinan terjadinya kanker payudara dengan pengonsumsian minyak zaitun. Dan, bahwa banyak mengonsumsi minyak zaitun memberikan andil dalam melindungi seseorang dari serangan kanker payudara.

Ada pula sebuah studi yang dipublikasikan majalah Archives pf Internal Medicine edisi Agustus 1998. Ditulis, meminum sesendok makan minyak zaitun setiap hari bisa  mengurangi bahaya terjadinya kanker payudara sampai pada kadar 45 persen. Dari beberapa hasil penelitian tersebut, tampak jelas bahwa minyak zaitun mempunyai peran dalam proses pencegahan kanker payudara.

Mei 1996, sebuah majalah di britania mempublikasikan ihwal sebuah studi yang dilakukan terhadap 145 wanita Yunani yang terkena kanker rahim. Peneliti mengkorelasikan antara-wanita-wanita yang terkena kanker rahim dengan wanita-wanita yang banyak mengonsumsi minyak zaitun.

Hasil penelitian tersebut menyimpulkan, para wanita yang mengonsumsi minyak zaitun lebih sedikit yang terkena kanker rahim. Dan kemungkinan terjadinya kanker pada mereka turun hingga 26 persen.

Beberapa manfaat minyak zaitun

Minyak Zaitun Mengurangi Kolesterol Berbahaya. Berbagai riset membuktikan adanya fakta yang tidak menyi-sakan keraguan lagi, bahwa minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol berbahaya, tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat.

Minyak Zaitun Mencegah dan Mengurangi Serangan Kanker. Para peneliti menyatakan bahwa sebab menurunnya rasio kematian akibat serangan kanker di Laut Putih Tengah adalah karena makanan penduduk negeri tersebut mengandung minyak zaitun sebagai sumber utama lemak, di samping mengandung sayur-sayuran, buah-buahan, dan kol. Profesor Asman, Ketua Akademi Studi Arteriosclerosis di Universitas Monstar, Jerman, dia merupakan peneliti paling menonjol di dunia di bidang kedokteran dan arteriosclerosis, ia berkata, “Pengkonsumsian minyak zaitun bisa melindungi tubuh dari serangan sejumlah kanker lainnya, di antaranya kanker colon, kanker rahim, kanker ovarium, sek