Mahkamah Agung Saudi : Serukan Rukyat pada Hari Selasa

Mahkamah Agung Saudi menyerukan umat Islam di seluruh Britania, Inggris untuk mencari bulan sabit pada hari Selasa, untuk menentukan jatuhnya hari pertama bulan Ramadhan 1436 H. Demikian dilansir dalam Arab News pada hari Senin (15/06/15).

Mahkamah Agung menyatakan bahwa siapapun yang melihat pemandangan bulan sabit dengan mata telanjang atau rukyat, maka segera mendaftarkan kesaksiannya dengan pengadilan terdekat atau melaporkannya kepada pejabat otoritas yang kompeten.

“Siapapun yang melihat bulan sabit pada hari Selasa, maka harus melaporkannya ke pengadilan terdekat atau kepada pejabat otoritas yang kompeten,” ungkap Mahkamah Agung.

Menurut Mahkamah Agung Saudi, kemungkinan jatuhnya bulan puasa dimulai hari Rabu. Namun, jika pemandangan bulan sabit tidak terlihat pada hari Selasa, maka dipastikan bulan puasa akan dimulai hari Kamis.

Selama bulan suci Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia akan menahan diri dari makan, minum dan hubungan suami-istri dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari . Selain itu, bulan ini dijadikan bulan untuk berdoa kepada Allah SWT. (sumber: islampos)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>