Tahun Ini, Tahun Kesembilan PM Jepang Adakan ‘Bukber’ dengan 35 Dubes Negara Islam

Bertempat di kediaman resmi Perdana Menteri Jepang, Rabu kemarin (31/7) Shinzo Abe, selaku PM Jepang saat ini, mengajak para duta besar dari 35 negara Islam untuk menghadiri acara buka puasa bersama.

Acara tersebut dimaksudkan untuk mempererat hubungan persahabatan dan meningkatkan rasa saling memahami antara Jepang dan dunia Islam.

Duta besar Aljazair di Tokyo, Ali Qutranji, yang mewakili semua perwakilan negara-negara Islam di Jepang, menyambut baik niat hangat Jepang itu.

“Kami merasa acara seperti ini akan menumbuhkan kedekatan dan memastikan adanya keinginan bersama untuk meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan,” kata Qutranji.

Dalam acara buka puasa bersama itu, dubes Suriah tidak hadir. Ini berarti perwakilan Suriah tidak menghadiri acara ini selama dua tahun berturut-turut.

Pemerintah Jepang memang tidak mengundang perwakilan Suriah sejak tahun lalu sebagai bentuk kecaman terhadap rezim Bashar al-Assad dalam konflik Suriah.

Acara buka puasa ini pertama kali digelar di masa pemerintahan PM Junichiro Koizumi pada 2005, sehingga tahun ini merupakan buka puasa bersama yang kesembilan. (sumber: islampos.com/2/8/2013)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>